foto1
Penelusuran Objek Sejarah (POS) Jogja-Bandung-Jakarta
foto1
Magang Prodi dan Kuliah Lapangan
foto1
Dosen Penguji Tamu
foto1
Seminar Nasional dan Kuliah Umum
foto1
Program Studi Terakreditasi A BAN-PT dan Penerima Program Bidikmisi

Sistem Informasi

Statistik Pengunjung

150432
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
42
90
752
149126
1614
2919
150432

Your IP: 54.90.185.120
Server Time: 2018-11-18 07:34:48

Login Form

SEJ20001     Pengantar Ilmu Sejarah (3 SKS)

Mata Kuliah ini membahas tentang sejumlah pengetahuan elementer atau prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah dan cabang-cabang pengetahuan sejarah secara umum terutama menyangkut kedudukan sejarah sebagai disiplin ilmu, serta hubungan dengan ilmu pengetahuan lainnya.

 

SEJ20002     Teori dan Metodologi Sejarah (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep teoritis, metodologis dalam wacana dan penelitian sejarah ilmiah.

 

SEJ20003      Filsafat Sejarah (3 SKS)

Matakuliah ini membahas tentang konsepsi filsafat  sejarah yang mencakup:

1.   Filsafat sejarah spekulatif (konsepsi tentang manusia, pengertian hakiki sejarah, mekanisme pola-pola gerak dan tujuan asasi sejarah)

2.   Filsafat sejarah kritis (konsep dan status sejarah ilmiah, fakta dan kebenaran sejarah, objektifitas sejarah, penjelasan dalam sejarah,dan lain-lain)

3.   Telaah tentang kapita selekta  pemikiran para filosof sejarah terkemuka dari masa ke masa.

 

SEJ20004     Historiografi (3 SKS)

Mata kuliah ini berisikan tentang uraian konsep-konsep perkembangan Historiografi (sejarahwan dalam penulisan sejarah), dari masa ke masa dari berbagai belahan dunia, terutama di Barat, dunia Islam dan Indonesia.

 

SEJ20005      Pra Sejarah Indonesia (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang sejarah Indonesia sejak terbentuknya pulau Indonesia sampai sekitar abad 1 Masehi yang meliputi terbentuknya kepulauan Indonesia, jenis manusia serta kehidupan dan budayanya.

 

SEJ20006      Sejarah Indonesia Z. Pengaruh Hindu-Budha (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang perkembangan sejarah Indonesia pada masa pengaruh Hindu-Budha yang meliputi proses masuknya unsur-unsur budaya India,pengaruhnya serta perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-budha sampai tahun 1500.

 

SEJ20007      Sejarah Indonesia Z. Pengaruh Islam (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang perkembangan sejarah Indonesia pada masa pengaruh Islam dan kedatangan Bangsa Barat, yang meliputi masuk, dan berkembangnya Islam (proses Islamisasi), perkembangan kerajaan-kerajaan serta perang perebutan hegemoni pada beberapa daerah di Indonesia sampai tahun 1800.

 

SEJ20008      Sejarah Indonesia Zaman Pengaruh Barat (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang perkembangan sejarah Indonesia pada masa kolonial (penjajahan)yang meliputi situasi di Indonesia di bawah kekuasaan Perancis- Belanda, Inggris, Lahirnya pemerintahan Hindia Belanda serta tindakan-tindakan di Indonesia dalam rangka eksploitasi dan reaksi rakyat Indonesia serta lahirnya politik etis.

 

SEJ20009     Sejarah Pergerakan Kebangsaan Indonesia (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang Sejarah Indonesia dari tahun 1900-1945 yang meliputi konsep pergerakan dan Nasionalis, latar belakang organisasi pergerakan (politik, agama, pemuda dan wanita) dengan segala upaya dan permasalahan yang ditimbulkannya.

 

SEJ20010      Sejarah Indonesia Kontemporer (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang sejarah Indonesia dari tahun 1945 sampai sekarang, yang meliputi periode mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, masa Reformsi dan pengaruh yang di timbulkannya di bidang politik dan ekonomi.

 

SEJ20011     Sejarah Eropa (3 SKS)

Matakuliah ini membahas kajian tentang awal perkembangan masyarakat Eropa, abad pertengahan, Renaisanse  atau Modern.

 

SEJ20012      Sejarah Timur Tengah   dan Afrika (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas kajian historis tentang kehidupan awal masyarakat Arab dan non Arab di Timur Tengah dan  Afrika serta perkembangan kehidupan kebangsaan, nasionalisme, agama dan terbentuknya negara-negara dikawasan Timur Tengah dan Afrika.

 

SEJ20013     Kapita Selekta Asia (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang perkembangan sejarah bangsa-bangsa di benua Asia dalam kehidupan kebangsaan,nasionalisme dan agama.

 

SEJ20014     Sejarah Amerika (2 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang awal perkembangan masyarakat Amerika sampai sekarang.

 

SEJ20016      Sejarah Sosial Ekonomi (3 SKS)

Mata Kuliah ini membahas tentang dinamika sejarah perekonomian Indonesia dengan menggunakan pendekatan Sikronik dan Diakronik.

 

SEJ20019      Sejarah Pendidikan (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang perkembangan pendidikan di Indonesia, meliputi zaman pengaruh Hindu-Budha, Islam, Barat sampai pada perkembangan pendidikan  Nasional Indonesia.

 

SEJ20021     Teori-teori Ilmu Sosial (2 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajitentang konsep-konsep dan teori-teori sosial dan budaya serta implementasinya di tengah-tengah masyarakat.

 

SEJ20024     Pengetahuan Peta (2 SKS)

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan model bentuk serta pembuatan peta sejarah.

 

SEJ20025     Pengantar Sosiologi (2 SKS)

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan elementer tentang fakta-fakta sosial dan konsep-konsep penting dalam ilmu sosiologi.

 

SEJ20027     Pengantar Ilmu Ekonomi (2 SKS)

Mata Kuliah ini memberikan konsep-konsep dasar tentang ilmu Ekonomi dan keterkaitanya dengan ilmu-ilmu lain, serta pengaplikasianya dalam kehidupan sehari-hari.

 

SEJ20028     Pengantar Ilmu Sosial (2 SKS)

Mata Kuliah ini membahas tentang fakta-fakta dan konsep-konsep penting dalam ilmu sosial yang dibutuhkan mahasiswa untuk lebih memahami hakekat ilmu sosial.

 

SEJ20029      Dasar-dasar Geografi (2 SKS)

Mata Kuliah ini mengkajigambaran tentang keragaman bentuk muka bumi dan dampaknya terhadap kehidupan, menggunakan peta dan Globe geografi dan penduduk, permasalahan penduduk dan dampaknya terhadap pembangunan, pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra serta keterkaitan antar unsur-unsur geografis dan penduduk dikawasan.

 

SEJ20030     Bahasa Sumber (Bahasa Belanda/Bahasa Inggris) (2 SKS)

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan, melatih pemakaian ungkapan bahasa Belanda/Bahasa Inggris  secara lisan dan tulisan, latihan membaca, pemahaman pengambilan kesimpulan serta memperkaya kosa kata bagi mahasiswa.

 

SEJ20032      Pengetahuan Kearsipan (2 SKS)

Mata kuliah ini berisikan penelusuran tentang arsip-arsip masa silam, kolonial, Jepang dan sesudah kemerdekaan.

 

SEJ20039     Metode Penelitian Pendidikan (3 SKS)

Mata Kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk memperoleh dasar tentang seluk beluk peneliti pendidikan dengan menggunakan metode atau pendekatan kuantitatif. Untuk mencapainya dilakukan kuliah tatap muka dan latihan berdasarkan langkah-langkah dan prosedur peneliti.

 

SEJ20040      Bimbingan Skripsi (2 SKS)

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teori dan latihan dalam membuat skripsi.

 

SEJ20041      Metode Penelitian Sosial  (3 SKS)

Mata Kuliah ini berisi tentang pembahasan mengenai prinsip-prinsip penelitian khususnya dalam penelitian sosial mulai dari penentuan masalah sampai pada model-model penulisan.

 

SEJ20042      Evaluasi  Proses dan Hasil Belajar Sejarah (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang prinsip dan teknik penilaian serta prosedur pengembangan alat penilaian untuk memperoleh gambaran hasil belajar siswa dan pemamfaatanya bagi perbaikan proses belajar mengajar.

 

SEJ20043     Pengembangan Program Pembelajaran Sejarah (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar perencanaan yang menyusun berbagai jenis program pembelajaran.

 

SEJ20044      Pengajaran Micro (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang teori dasar berbagai keterampilan mengajar serta mampu menerapkan berbagai keterampilan tersebut pada latihan mengajar terbatas di kelas dalam pengajaran sejarah.

 

SEJ20045      Kurikulum dan Buku Teks (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang pengertian komponen-komponen kurikulum, menganalisa materi sejarah dalam GBPP dan buku teks.

 

SEJ20046      Pendekatan dan Strategi pembelajaran Sejarah ( 3 SKS )

Mata Kuliah ini mengkaji mengenai berbagai strstegi dan metode pengajaran sejarah serta teori-teori belajar mendasar, media yang mendukung kegiatan belajar mengajar, serta berbagai cara pengelolaan.

 

SEJ20048     Penulisan Skripsi (6 SKS)

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam penelitian yang diikuti dengan latihan penulisan hasil penelitian dan disusun dalam bentuk skripsi.

 

SEJ20049     Sejarah  Asia Tenggara (2 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji historis tentang daerah-daerah yang terletak di kawasan Asia Tenggara, mulai dari perkembangan awal masyarakat sampai Terbentuknya ASEAN wadah kerjasama.

 

SEJ20050     Pengantar Statistik Sosial (2 SKS)

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar statistik, berikutnya memperkenalkan beberapa formula statistik deskriptif dan diferensial beserta aplikasinya dalam kebutuhan-kebutuhan analisis sosial.

 

SEJ20067     Pengenalan Objek Sejarah (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenalkan objek sejarah

 

SEJ20071     Magang Bidang Studi (3 SKS)

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam pengalaman lapangan/empiris tentang keilmuan program studi. Kegiatan ini dilakukan pada perusahaan atau lembaga yang sesuai dengan program studi.

 

Mata Kuliah Pilihan

SEJJR20001       Jurnalistik* (3 SKS)

Mata Kuliah ini membahas konsep jurnalistik dalam rangka memperkenalkan dasr pengelolaan media menulis dan mencari berita dan mengolah berita  dengan tepat  mengacu kepada kode etik yang ada.

 

SEJJR20002      Sejarah Pers* (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang perkembangan persuratkabaran  secara umum dan mempelajari berbagai kekuatan massa, media massa, pengacara, dan pengaruhnya  terhadap kebijakan public atau perorangan.

 

SEJJR20003       Sejarah Publik* (3 SKS)

Mata Kuliah ini menyajikan pengetahuan dasar (pengantar) tentang Sejarah publik, terutama berkenaan dengan latar belakang penyelenggaraan mata kuliah ini, sejarah dan definisi sejarah publik, bagaimana Sejarah Publik dikonsepkan dan disajikan dari, oleh dan untuk masyarakat umum, serta kunjungan ke situs sejarah dan beberapa  praktik yang berkenaan dengan Sejarah Publik. Dengan kata lain, mata kuliah ini akan membicarakan berbagai cara yang dilakukan masyarakat luas dalam rangka mengetahui, menampilkan dan memahami masa lampau mereka guna memahami dengan lebih baik sensibilitas kesejarahan akan budaya dan zaman mereka. Fokus bahasan dalam perkuliahan ini akan ditukikkan pada Indonesia.

 

SEJJR20004      Sejarah Politik*  (3 SKS )

Mata Kuliah ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan politik Indonesia dari masa kolonial, Indonesia merdeka, sampai masa kontemporer, jatuh bangunnya kekuasaan, pergantian kepemimpinan politik dan dinamika politik yang terjadi didalamnya.

 

SEJJR20005       Media Audio Visual* (2 SKS)

Mata Kuliah inibertujuan untuk memberikan kemampuan dasar penggunaan audio visual untuk membuat visualisasi pengetahuan sejarah.

 

SEJJR20006       Sinematografi* (2 SKS)

Mata Kuliah inimengenalkan prinsip-prinsip sinematografi yang meliputi konsep dasar film, terminology film, karekteristik, jenis-jenis dan format penyajian film, struktur, kontruksi deramatik, teknik visualisasi, serta dasar-dasar teknik apresiasi film.

 

SEJJR20007      Sejarah Lisan* (2 SKS)

Mata Kuliah inimengkaji tentang sumber-sumber sejarah berkaitan dengan pelaku sejarah yang tidak ditemukan di dalam dokumen.

 

SEJJR20008      Sejarah Lokal/Minangkabau* (2 SKS)

Mata Kuliah inimembahas perkembangan sejarah Minangkabau sejak masa pra sejarah sampai masa kemerdekaan.

 

SEJPB20001      Museumologi** (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang pengelolaan dan tata ruang dalam museum sebagai warisan sejarah.

 

SEJPB20002       Arkeologi** (3 SKS)

Mata kuliah ini mengkaji tentang kehidupan manusia  pada zaman kuno, terutama kegiatan yang meninggalkan bekas-bekas berupa benda arkeologis, kebudayaan manusia mulai dari masa prasejarah, seperti aktivitas teknologi, keagamaan, dan mata pencaharian.

 

SEJPB20003      Geografi Kesejarahan** (3 SKS)

Mata kuliah ini meliputi pengenalan konsep geografi dan sejarah, konsep ruang dan waktu dalam geografi sejarah, membahas tentang materi antara fenomena geografi dan manusia dan geografi sebagai media analisis pristiwa.

 

SEJPB20004       Sejarah Pariwisata** (3 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang sejarah pariwisata menyangkut dengan perkembangan pariwisata dunia zaman prasejarah, zaman sejarah dan modern.

 

SEJPB20005       Sejarah Kebudayaan** (2 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang kerangka konseptual sejarah kebudayaan dan materi pusat kebudayaan di dunia dan Indonesia serta pengaruhnya terhadap peradaban manusia.

 

SEJPB20006       Sejarah Pedesan dan Perkotaan** (2 SKS)

Mata Kuliah ini mengkaji tentang konsep dan teori yang berhubungan dengan sejarah pedesaan dan perkotaan, perkembangan kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia secara khusus, sehingga dapat memperkaya wawasan penelitian mahasiswa di bidang sejarah.

 

SEJPB20007       Sosio Antro Pembangunan**  (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip ilmu sosiologi antropologi pembangunan, modernisasi teori sosiologi antropologi, dan gejala-gejala sosial di masyarakat.

 

SEJPB20008       Sosio Antro Pendidikan**  (2 SKS)

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep sosiologi antropologi pendidikan, ruang lingkup sosiologi pendidikan, hakekat dan fungsi kebudayaan dalam masyarakat, konsep budaya belajar, pendekatan sosiologi antropologi dalam pendidikan.